Search for collections on STPMD APMD Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG PROGRAM INDONESIA PINTAR DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DESA DONOTIRTO KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Hadi, Bachtiyar (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG PROGRAM INDONESIA PINTAR DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DESA DONOTIRTO KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI HADI BACHTIAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Kemiskinan merupakan penyebab utama dari putus sekolah karena kebanyakan masyarakat lebih mementingkan urusan perut ketimbang pendidikan, Dalam Amandemen UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1) dan (2) menegaskankan, setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Untuk menanggulangi masalah putus sekolah terutama dalam hal ekonomi sebagai penyebab utamanya pemerintah menyediakan beasiswa melalui Program Indonesia Pintar. Namun masalah yang sering terjadi yaitu masih terdapatnya siswa yang berasal dari keluarga mampu, namun terdaft ar dalam Program Indonesia Pintar. Penelitian ini difokuskan pada implementasi Program Indonesia Pintar tingkat SMP di Kabupaten Bantul, karena Kabupaten Bantul menduduki peringkat pertama jumlah anak tidak sekolah berdasarkan hasil penyisiran pada tahun 2017 yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang Program Indonesia Pintar di tingkat Sekolah Menengah Pertama Desa Donotirto Penelitian ini dilakukan di sekolah tingkat SMP di desa Donotirto yang mana pada desa Donotirto terdapat dua sekolah tingkat SMP yaitu: Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Kretek dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, orangtua siswa penerima Program Indonesia Pintar dan siswa penerima Program Indonesia Pintar. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang secara garis besar menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: penyajian data, identifikasi data, reduksi data dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah sebagai penyelenggara sudah memahami dan melaksanakannya Program Indonesia Pintar, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya proses sosialisasi beberapa kali oleh pihak sekolah kepada para orangtua dan juga siswa penerima Program Indonesia Pintar. Selain itu, proses komunikasi antar pihak sekolah maupun pihak sekolah terhadap orangtua dan juga siswa penerima Program Indonesia Pintar telah terjalin dengan baik, sehingga para penerima beasiswa dapat mengerti dengan tujuan diadakannya program ini dan juga pemanfaatan dari beasiswa tersebut Kata Kunci : Implementasi, Program Indonesia Pintar.

Item Type: Experiment
Additional Information: 15520013
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:28
Last Modified: 23 Jan 2020 07:28
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item