Search for collections on STPMD APMD Repository

PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA

ROMEO, UROPDANA (2019) PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA. [Experiment]

[img] Text
ROMEO UROPDANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lahirnya No. 6 tahun 2014 tentang Desa diharapkan pemerintah desa menjadi subjek dalam pelaksanaan pembangunan di Desa dengan mandiri tanpa mengharapkan pemerintah Kabupaten/Kota. Dengan diberikan kewenangan terhadap pemerintah desa dapat menyusun kebijakan berdasarkan situasi dan kondisi desa. Pemerintah desa mempunyai peran terpenting dalam melaksanakan pembangunan pemberdayaan masyarakat, melayani dan pendampingan terhadap masyarakat. Namun, realita menunjukan bahwa, kinerja pemerintah Desa kadang tidak sesuai dengan amanat UU Desa, pelaksanaan pembangunan tidak sesuai dengan kondisi nyata di Desa serta tidak melayani masyarakat dengan efektif sehingga masyarakat mengkritisi bahkan tidak percaya terhadap pemerintah desa. Dengan melihat kinerja pemerintah desa yang buruk, masyarakat mengkritisi, mengeluh atas kinerja pemerintah Desa Kemiri hal ini menimbulkan citra yang kurang baik terhadap pemerintah desa. Melihat permasalahan diatas peneliti tertarik untuk ingin mengetahu dan menggambarkan penilaian masyarakat dengan mengacu pada rumusan masalah yaitu Bagaimana penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah Desa di Desa Kemiri? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskiriptif kualitatis, pengambilan data menggunakan teknik purposive dan dalam analisis data dengan cara interpretatif. Unsur yang digunakan dalam penelitian ini adalah produktifitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, kerja sama, keterbukaan dan pertanggungjawaban. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama: penilaian masyarakat terhadap produktifitas kinerja efektif karena proses perencanan pembangunan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Kedua: penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan efektif dan efisien sebap pemerintah desa bekerja sesuai dengan SOP maupun peraturan kabupaten dan terpenting pelayan sehingga pemerintah mengutamakan keinginan masyarakat. Ketiga: penilaian masyarakat terhadap responsivitas menunjukan baik karena pemerintah desa membuka ruang untuk masyarakat dapat menyampaikan aspirasi yang nantinya ditindaklanjuti oleh pemerintah desa. Keempat: penilaian masyarakat terhadap responsibilitas menunjukan baik karena pemerintah desa dapat menyesuaikan. Kelima: penilaian masyarakat terhadap kerjasama pemerintah baik karena selalu koordinasi dengan lembaga kemasyarakat yang lain. Keenam: penilaian masyarakat terhadapn transparansi pelaksanaan serta penyelenggaraan pemerintahn desa baik karena pemerintah desa trasparan terhadap masyarkat. Ketuju: penilaia masyarakat terhadap pertanggungjawan pemerintah desa menunjukan baik karena hasil pembangunan dan penggunaan anggaran desa dapat disampaikan terhadap masyarakat melalui BPD desa Kemiri.

Item Type: Experiment
Additional Information: 12520076
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:31
Last Modified: 24 Jan 2020 04:31
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item