Search for collections on STPMD APMD Repository

Pelaksanaan Standar Pelayanan E-KTP di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Kantor Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta)

Zuliana Dwi, Ningrum (2019) Pelaksanaan Standar Pelayanan E-KTP di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Kantor Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI_ZULIANA DWI NINGRUM_15520021.pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Salah satu pelayanan yang diberikan dari pemerintah kepada masyarakat adalah melayani administrasi pemerintah, yakni mengurus identitas resmi yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat yang berdomisili di Negara Indonesia hal tersebut telah di atur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, guna untuk memberikan identittas resmi kepada seluruh warga Indonesia dan memudahkan dalam pembuatan paspor. Hal tersebut juga telah dilaksanakan di Kecamatan Umbulharjo Namun masalah yang terjadi di Kecamatan Umbulharjo terutama dalam hal pelayanan yaitu kurang tersedianya jumlah pegawai dalam hal pembuatan E-KTP sehingga akan berdampak pada waktu penyelesaiannya serta kurangnya pemahaman terhadap prosedur pelayanan sehingga membuat pelayanan berkesan terbelit-belit, sehingga yang menjadi landasan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Kualitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Umbulharjo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Peraturan Mentri Pendaya Aparatur Negara tentang Standar Pelayanan untuk dijadikan sebagai batasan-batasan dalam penelitian atau ruang lingkup pada penelitian ini dan dari Peraturan diatas penelitian menggunakanya sebagai ruang lingkup yaitu prosedur pelayanan dan waktu penyelesaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari pengamatan proses pembuatan E-KTP dan wawancara kepada masyarakat. Peneliti mengambil 10 orang informan secara Purposive Sampling yang terdiri dari aparatur Kecamatan Umbulharjo dan Masyarakat. Untuk mengkaji data dari penelitian ini menggunakan teknik reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa pelaksana standar pelayanan pembuatan E-KTP di Kecamatan Umbulharjo masih belum maksimal yang dapat dilihat dari kurangnya perhatian dan tanggapan yang baik dari pegawai mengenai prosedur pelayanan dan waktu penyelesaiaan, peneliti menyarankan meningkatkan kinerja pegawai dengan melakukan pelatihan terhadap pegawai serta memberikan jaminana pelayanan yang baik agar ketepatan waktu pelayanan sangat efektif dan efisien. Kata Kunci: Pelaksanaan Standar Pelayanan E-KTP, Prosedur Pelayanan

Item Type: Experiment
Additional Information: 15520021
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:16
Last Modified: 24 Jan 2020 04:16
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item