Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN SIKAP ENTREPRENEUR GENERASI MUDA DI LIDI SOLUSINDO YOGYAKARTA

Dedi, Setiawan (2017) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN SIKAP ENTREPRENEUR GENERASI MUDA DI LIDI SOLUSINDO YOGYAKARTA. [Experiment]

[img]
Preview
Text
372-IK-IV-2017-DEDI SETYAWAN-13530026 B.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Tahun 2011 Presiden Republik Indonesia telah mencanangkan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN). Gerakan ini didukung oleh 13 Kementerian atau institusi termasuk Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dengan tujuan meningkatakan angka wirausaha dari 0,24% menjadi 1% dari populasi penduduk Indonesia pada tahun 2014. Program penumbuhan wirausaha muda baru dalam bidang kewirausahaan sangat membantu perkembangan perekonomian Indonesia. Lidi Solusindo adalah salah satu pelaku usaha yang bergerak di bidanh industri kreatif yang ikut membantu dalam program penumbuhan wirausaha muda baru. Tujuan : Untuk mengetahui strategi komunikasi pemberdayaan yang digunakan oleh Lidi Solusindo Yogyakarta dalam upaya membangun sikap wirausaha pada generasi muda. Metode : Metode atau cara dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cause-study (studi kasus). Penggalian data dan informasi di Lidi Solusindo dengan cara bertahap, dimulai dari bagaimana Lidi Solusindo berdiri, sejarah terbentuknya Lidi Solusindo sampai pada tahap perkembangan atau eksistensinya. Data dan sumber data berdasarkan data primer data yang diperoleh secara langsung di lapangan dan sata sekunder yang berdarkan penelusuran dari dokumen-dokumen yang ada. Pengumpulan data tersebut dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi terhadap pihak-pihak yang mempunyai peran penting di Lidi Solusindo, sehingga dapat memperoleh informasi yang cukup dan mendalam. Teknik pengambilan sampel dengan snow-ball sampling. Penentuan informan berdasarkan kesepakatan dan rekomendasi dari informan sebelumnya. Kemudian dianalisa dan ditarik kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh. Hasil : Komunikasi dalam pembangunan sikap generasi muda untuk berwirausaha, dibangun dengan strategi. Strategi yang digunakan Lidi Solusindo adalah melalui komunikais langsung atau tatap muka, melalui komunikasi kelompok, dengan media radio, motivasi, persuasif dan melalui komunitas. Lidi Solusindo menggunakan strategi tersebut karena memiliki sifat berkesinanmbungan antara strategi satu dengan yang lainnya. Sehingga dalam kurun waktu tertentu strategi tersebut dapat dilakukan secara bersamaan. Kesimpulan : Lidi Solusindo menggunakan strategi yang umum, dan merupakan cara yang mudah untuk menjangkau pikiran kliennya.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:51
Last Modified: 05 Mar 2018 06:51
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item