Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MEMASARKAN DESA WISATA NGLANGGERAN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul)

Ahmad Taufik, Nur Arifin (2017) STRATEGI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MEMASARKAN DESA WISATA NGLANGGERAN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul). [Experiment]

[img]
Preview
Text
391-IK-X-2017-Ahmad Taufik Nur Arifin-13530021 B.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang sedang gencar-gencarnya mengembangkan potensi pariwisatanya. Salah satunya adalah Desa Nglanggeran, desa ini memiliki destinasi wisata berupa Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, dan Air Terjun Kedung Kandang. Selain wisata alam, Desa Wisata Nglanggeran juga memiliki wisata tambahan yaitu wisata budaya, kuliner, kerajinan, dan buatan. Banyaknya potensi yang ada, membuat Desa Wisata Nglanggeran membutuhkan strategi pemasaran yang baik agar potensi yang ada dapat dikelola dan dikenal masyarakat. Oleh karena itu, dibentuklah Kelompok Sadar Wisata agar dapat merancang strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran yang baik diharapkan mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan pengunjung. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui strategi pemasaran dan media apa yang digunakan Kelompok Sadar Wisata dalam memasarkan Desa Wisata Nglanggeran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptof kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposisive sampling dengan jumlah informan lima orang. Pengumpulan data dalam teori ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran, khususnya bauran promosi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Nglanggeran berupa promosi melalui leaflet, brosur, paket wisata, pameran, fanspage facebook, website, sosial media. Dari temuan data yang ada dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata di Desa Nglanggeran adalah dengan melakukan pemasaran online dan offline.

Item Type: Experiment
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:54
Last Modified: 05 Mar 2018 06:54
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item