MODEL STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Prada Coffee Yogyakarta)

Rizky, Prayudi (2018) MODEL STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Prada Coffee Yogyakarta). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI_RIZKY PRAYUDI_NIM.12530049_B.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan satu di antara banyak kota yang memiliki banyak coffee shop dengan berbagai jenis konsep kopi di dalamnya. Prada Coffee merupakan satu di antara banyaknya coffee shop yang berada di Kota Yogyakarta yang hingga saat ini masih bersaing dengan coffee shop lainnya. Untuk tetap bertahan dalam bisnis yang memiliki banyak persaingan, Prada Coffee perlu model strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan. Peran komunikasi tentu menjadi sangat penting dalam model strategi pemasaran tersebut. Dalam penelitian model strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini sangat efektif dalam membatu proses penelitian jika diterapkan dengan menggambarkan dan menuliskan peristiwa yang ada sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data seperti wawancara mendalam kepada pemilik Prada Coffee,dan dua baristanya. Selain melakukan wawancara peneliti juga melakukan observasi, dan dokumentasi. Agar dapat bersaing dengan coffee shop lainnya Prada Coffee melakukan model strategi pemasaran personal selling untuk membangun relasi yang baik dengan konsumennya. Selain mendapatkan relasi yang baik, penjualan yang bersifat personal seperti ini juga dapat membina hubungan jangka panjang dengan konsumen. Akibat dari model pemasaran ini juga terciptanya model pemasaran word of mouth yang dilakukan konsumen kepada sekitarnya. Model pemasaran word of mouth memiliki keunggulan terutama dalam segi pemasaran tanpa perlu mengeluarkan biaya. Karena model pemasaran seperti ini cukup menggunakan komunikasi dari satu orang ke orang lainnya. Dari hasil penelitian yang telah dapat, dapat disimpulkan bahwa model strategi pemasaran awal yang digunakan Prada Coffee ialah personal selling. Setelah melakukan pemasaran secara personal keterlibatan konsumen membuat model pemasaran Prada Coffee mengarah pada word of mouth yang merupakan komunikasi dari mulut ke mulut. Kata Kunci: Model Strategi, Coffee Shop, Prada Coffee, Strategi Pemasaran

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms diana putri
Date Deposited: 30 Apr 2018 08:00
Last Modified: 30 Apr 2018 08:00
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item