QACHFI PATRA, DESI (2018) PERAN “KAFE TUAN MUDA” DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI BUJANG DARE YOGYAKARTA. [Experiment]
|
Text
QACHFI PATRA DESI-12530011_B.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisis peran “Kafe Tuan Muda” dalam komunikasi pemasaran melalui Bujang Dare Yogyakarta, 2) Menjelaskan faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam pemasaran “Kafe Tuan Muda” melalui Bujang Dare Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah “Kafe Tuan Muda”Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah peran komunikasi pemasaran “Kafe Tuan Muda” melalui komunitas Bujang Dare Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dilanjutkan dengan teknik wawancara yang merupakan tenik utama dalam penelitian ini.Penelitian ini juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi hasil dari teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data,reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Serta dianalisis menggunakan Analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen Tuanmuda Café dalam melakukan komunikasi juga menggunakan pemasaran langsung melalui pelanggan. Bila pelanggannya merasa nyaman berkunjung dan menikmati hidangan dan layanan di Tuanmuda Café, maka pengunjung tersebut akan mengajak orang lain untuk berkunjung di Tuanmuda Café tersebut; 2) Faktor pendorong yang terdapat dalam Tuanmuda Café Yogyakarta adalah jalan sangat strategis karena di depannya merupakan jalur utama. Dominasi yang ditawarkan berupa musik, jaringan internet yang kuat, aneka makanan dan minuman, serta lahan parkir yang luas dapat mendorong dan memberikan kekuatan café dalam memasarkan suatu produknya. Sedangkan faktor-faktor penghambat dalam memasarkan Tuanmuda Café Yogyakarta adalah karena dari sektor pemerintah Yogyakarta dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah pada sector budaya dan pariwisata dan juga sektor Tuanmuda Café itu sendiri. Mengenai pemerintahan Yogyakarta dikarenakan minimnya kegiatan yang diadakan bila ada event-event kebudayaan. Kata Kunci : peran tuanmuda café, komunikasi pemasaran, bujang dare
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2018 01:55 |
Last Modified: | 30 May 2018 01:55 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |