Search for collections on STPMD APMD Repository

PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU DI KANTOR P2TSP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FERNANDITA FATIMA, MADEIRA REIS LEMOS (2019) PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU DI KANTOR P2TSP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, STPMD APMD Yogyakarta.

[img] Text
PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU DI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu di Kantor P2TSP DIY. KP2TSP DIY adalah satuan kerja di Pemerintah Daerah DIY yang memiliki tugas untuk melaksanakan koordinasi dan menyelenggarakan pelayanan administrasi di bidang perizinan secara terpadu dengan prinsip koordinasi, integrasi, singkronisasi, simplifikasi, keamanan dan kepastian. KP2PTSP DIY dibentuk berdasarkan pada Perda No. 3 Tahun 2015 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY. Pembentukan Kantor P2TSP DIY ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah Daerah DIY untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal serta menciptakan iklim investasi yang kondusif dalam memberi pelayanan dan kepastian berusaha bagi investor serta kepuasan masyarakat. Meskipun ada investastor yang merasa masih kurang responsif, informatif dan Birokratis dalam pelayanan. Kualitas pelayanan perizinan yang diberikan kepada masyarakat harus bisa terukur agar dapat terindetifikasi sejauh mana pelayanan tersebut diterima oleh masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan perizinan maka diperlukan upaya perbaikan yang dilakukan secara terus menerus berdasarkan hasil pengukuran yang dapat dipertanggunjawabkan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian mengenai bagaimanakah Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan di Kantor P2TSP DIY? dan Hambatan apa sajakah yang ditemui dalam Pelayanan Perizinan di Kantor P2TSP DIY? Metode dalam penelitian ini mengacu jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor P2TSP DIY, Kepala Seksi Pelayanan, Kepala Seksi Pengembangan Data dan Sistem Informasi, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengaduan, Staf dan konsumen pemohon izin. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif, yaitu analisis yang bergerak dalam empat komponen, yaitu; pengumpulan data, reduksi data, analisis data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasrkan hasil temuan penelitian, Karakteristik yang menjadi panduan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu di KP2TSP DIY adalah : 1. Ketepatan Waktu; untuk membuat proyeksi yang realistis terhadap kapasitas pemberian layanan yang dapat memproses berbagai aplikasi perizinan sekaligus satu waktu, 2. Informasi yang Akurat dan Transparan; dimulai dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada pelanggan tentang status hukum perizinan, konsekuensi hukum dari perizinan tersebut, besarnya biaya pengurusan, syarat-syarat untuk memperoleh izin, serta prosedurnya, 3. Retribusi ; Keterangan yang jelas mengenai pajak / retribusi yang berlaku bagi pengurusan perizinan yang diterapkan secara konsisten, 4. Evaluasi Berkas dan Tinjauan Lapangan ; Hal ini menjadi penting khususnya untuk perizinan yang membutuhkan verifikasi lapangan yang hasilnya akan mempengaruhi proses penilaian kelayakan persyaratan bagi penerbitan perizinan, 5. Dokumentasi dan Pengarsipan ; Proses pengarsipan dilakukan dengan penyusunan rekapitulasi secara sistematis tentang izin yang telah terbit, data izin terbit diinput ke dalam database dan berkas disimpan secara teratur sesuai standar kearsipan, 6. Layanan Simpati ; Pelayanan terpadu yang efektif memiliki kapasitas untuk memberikan layanan yang membantu dan ramah, pelayanan yang demikian dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan yang disediakan pelayanan terpadu dan 7. Mekanisme Pengaduan ; Pelayanan terpadu yang ideal harus memiliki mekanisme pengaduan yang efektif, mekanisme pengaduan secara langsung yang dapat dilakukan pelanggan kapan saja sebaiknya ditanggapi oleh staf pelayanan terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 16610062
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:33
Last Modified: 05 Feb 2020 07:33
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item