Search for collections on STPMD APMD Repository

Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Pengguna Trans Jogja (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di PT Anindya Mitra Internasional, Yogyakarta)

Bella Nata, Syah (2020) Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Pengguna Trans Jogja (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di PT Anindya Mitra Internasional, Yogyakarta). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI BELLA NATA SYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia membuat beberapa masalah terjadi, salah satunya kemacetan lalulintas. Kemacetan lalulintas merupakan permasalahan yang banyak terjadi dikota-kota besar dan dengan jumlah penduduk yang sangat padat, salah satunya yaitu kota Yogyakarta. Kemacetan terjadi akibat tinggi volume kendaraan, seperti motor dan mobil di setiap ruas jalan Yogyakarta. Pada setiap tahunnya, jumlah kendaraan pribadi semakin meningkat dan hal ini tidak sebanding dengan luas jalan Yogyakarta yang sempit serta lahan parkir yang tidak memadai. Untuk mengatasi masalah kemacetan di Yogyakarta, pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membuat kebijakan dan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk mencanangkan Bus Rapid Transit atau yang disebut Trans Jogja. Trans Jogja saat ini dikelola oleh PT Anindya Mitra Internasional (AMI) dan dalam pengawasan oleh Dinas Perhubungan DIY. Trans Jogja diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurangi masalah kemacetan. Maka. Untuk menarik minat masyarakat perlu ada pelayanan yang baik dari Trans Jogja. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menfokuskan peneletian ini dengan judul “Strategi Dalam Meningkatkan Kualit as Pelayanan Pengguna Trans Jogja”. Kajian dalam rumusan masalah adalah bagaimana strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengguna Trans Jogja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive yaitu Kepala Pool, Koordinator Lapangan, para crew dan Pengguna Trans Jogja dengan jumlah informan 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian seluruh data dapat diketahui bahwa strategi yang (1) Perencanaan yaitu membuat dan menjalankan visi misi, memperkuat pondasi Trans Jogja dan membuka jalur baru di Kabupaten Sleman serta dapat melayani dengan baik. (2) Pelaksanaan yaitu memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada para crew, memperbaiki dan melengkapi fasilitas, memberi keamanan dengan menyediakan CCTV dan cara mengemudi, kenyamana dengan sikap crew dan kebersihan, ketepatan waktu serta akses atau informasi yang mudah kepada pengguna. (3) Evaluasi yaitu dilakukan 1 bulan sekali dan 1 tahun sekali untuk menanggapi pengaduan pengguna dan melihat hasil kinerja selama setahun serta melihat apa yang harus diperbaruhi atau diperbaiki, kekurangan dan kendala atau masalah apa yang terjadi selama setahun. Semua ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan masyarakat akan kesadaran pentingnya transportasi publik yang disediakan untuk memenuhi fasilitas masyarakat Yogyakarta. Kata kunci: Kemacetan, Transportasi Publik, Minat Masyarakat, dan Pelayanan

Item Type: Experiment
Additional Information: 16520185
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:38
Last Modified: 23 Oct 2020 03:38
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item