WINDA, CELSEA MEISARI (2020) STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. [Experiment]
Text
WINDA CHELSEA MEISARI_16520143.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dituntut untuk memberikan pembaharuan terhadap pelayanan yang diberikan. Berbagai permasalahan muncul, seperti lamanya waktu penyelesaian produk layanan, blangko Kartu keluarga sering mengalami kekurangan, terjadinya gangguan alat perekaman data, rusaknya alat perekaman data hampir diseluruh kecamatan di Kabupaten Sintang. Akibatnya 700 E-KTP belum tercetak atau tertunda, capaian kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Sintang masih 79,46 % masih di bawah target nasional yaitu 85 %, dan 416 Wajib Kartu Keluarga belum melakukan pembuatan Kartu Keluarga. Oleh karena itu Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dituntut untuk melakukan pembaharuan strategi pelayanannya agar dapat menciptakan pelayanan yang berkualitas. Untuk itu penulis mengangkat judul “Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun Objek dalam penelitian ini adalah perumusan, implementasi dan evaluasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan khususnya pada pelayanan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan E-KTP, sedangkan Subjek Penelitian Apratur di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sintang dan Masyarakat yang menerima pelayanan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif, dengan model Miles dan Huberman melalui tahapan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dilihat dari 1. Melihat Kekuatan dan Kelemahan 2. Melihat Ancaman dan Peluang 3. Implementasi dalam meningkat kualitas pelayanan publik yaitu memotivasi pegawai dalam meningkatkan kompentensi dan alokasi SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan, 4. Evaluasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu melihat kinerja pegawai dalam pelayanan dan melakukan tindakan korektif dalam pelayanan. Oleh karena itu Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik adalah pengembangan kapasitas sarana dan prasarana teruma alat perekaman data penduduk dengan cara mengalokasikan pengembangan kapasitas sarana dan prasarana pelayanan, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dengan mengikutsertakan aparatur pelayanan dalam kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis, peningkatan kualitas pengembangan data administrasi kependudukan dengan cara memperluas jaringan kerjasama, dan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya administrasi kependudukan dengan cara melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Additional Information: | 16520143 |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 02:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 02:09 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1282 |
Actions (login required)
View Item |