Search for collections on STPMD APMD Repository

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat

Ronald, Andika Pratama (2021) Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. [Experiment]

[img] Text
RONALD ANDIKA PRATAMA_15520050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat”. Sebagai pelayan kesehatan di daerah, puskesmas harus memberikan pelayanan melalui upaya kesehatan yaitu promotif (peningkatan), preventif (pencegahan), kuratif (rehabilitasi), dan rehabilitasi (pemulihan). Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan tentunya tidak terlepas dari kebutuhan dan harapan masyarakat. Namun dalam kenyataannya masih terjadi banyak kekurangan yang bersebrangan dengan harapan, seperti fasilitas bangunan yang kurang memadai dan sejenisnya, banyak masyarakat yang kemudian mengeluhkan atau bahkan lebih memilih tempat pengobatan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelayanan kesehatan serta kendala-kendala yang mungkin dihadapi oleh puskesmas dalam memberikan pelayanan. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka penelitian ini mengkaji bagaimana pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah petugas Puskesmas dan masyarakat yang sudah pernah menggunakan jasa kesehatan di Puskesmas Meliau. Informan sebanyak 19 orang di tentukan dengan teknik purposif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian adalah pada prinsip Tangible (terjamah), sarana prasarana Puskesmas Kecamatan Meliau seperti ruang periksa, ruang tunggu, loket, lab, IGD, ruang tata usaha, ruang KIA, poli gizi, poli gigi, laboratorium, kamar persalinan, kamar kecil rawat jalan, kamar kecil rawat inap, ruang obat dan gudang farmasi sudah cukup baik. Lalu, pada prinsip Reliable (handal), prosedur pelayanan di puskesmas Meliau sudah baik dan jelas, dan memenuhi SOP yang telah ditetapkan dalam UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Selanjutnya, pelayanan kesehatan berdasarkan prinsip Responsivenes (responsif), Puskesmas Kecamatan Meliau sudah menaggapi keluhan-keluhan masyarakat, Hal ini terlihat dari petugas yang sudah berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien dan segera merespon apabila ada pertanyaan dari pasien yang bersangkutan. Pada prinsip Assurance (kepastian), pelayanan yang diberikan oleh puskesmas sudah memberikan rasa terjamin dalam kesehatan pasien. Terakhir, pelayanan kesehatan puskesmas Kecamatan Meliau berdasarkan prinsip Empathy (empati), pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas telah menunjukan kepedulian dan perhatian kepada para penerima layanan. Misalnya, pendataan pasien yang datang dan juga sikap ramah tamah yang disajikan petugas, ini menjadi respon positif bagi masyarakat yang akan memeriksakan dirinya di puskesmas.

Item Type: Experiment
Additional Information: 15520050
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:53
Last Modified: 15 Apr 2021 05:53
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item