Search for collections on STPMD APMD Repository

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMERINTAH DESA DI MASA NEW NORMAL

SAYED, ISMAIDI (2021) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMERINTAH DESA DI MASA NEW NORMAL. [Experiment] (Submitted)

[img] Text
SAYED ISMAIDI 17520259.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini sangat dirasakan oleh masyarakat desa, terutama masyarakat desa yang berada di wilayah perkotaan. Sejak awal hingga sekarang secara tidak langsung membawa dampak buruk terhadap segala aspek kehidupan, yakni kesehatan, pendidikan, pekerjaan, sosial, politik, dan ekonomi. Contoh, pandemi Covid-19 telah membawa dampak buruk pada kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, dan kehidupan sosial masyarakat di tingkat desa. Kebijakan pemerintah yang baru dengan menggaungkan pola hidup baru atau new normal dan berimbas pada pembatasan atau pemberhentian pelayanan publik sementara, mulai beraktivitas menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan antusiasme tersebut diharapkan tidak menimbulkan permasalahan yang baru dan polemik di masyarakat khususnya pelayanan adminitrasi kependudukan di lingkup desa atau yang paling dekat dengan masyarakat karena pemerintah kalurahan/pemerintah desa yang merupakan penyelenggara pemerintahan desa memiliki tugas mengatur, mengurus serta menjaga dan melindungi masyarakatnya. Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih dalam tentang kualitas pelayanan administrasi pemerintah desa di masa new normal Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana kualitas pelayanan administrasi pemerintah desa di masa new normal di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan kualitas pelayanan administrasi pemerintah desa di masa new normal Covid-19 dan menggambarkan masalah yang terjadi dalam pelayanan administrasi pemerintah desa setelah diterapkannya masa new normal Covid-19 di Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Ruang lingkup penelitian ini meliputi: persyaratan, prosedur jangka waktu, biaya, jenis pelayanan, kompetensi, sikap prilaku, penanganan pengaduan, dan sarana prasarana pelayanan administrasi pemerintah desa di masa new normal Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk kualitas pelayanan administtrasi publik Desa Sumbermulyo di masa new normal Covid-19 tidak terlalu mengalami perubahan dan pemerintah desa tetap berusaha menciptakan pelayanan administrasi yang memudahkan masyarakat, tetapi dengan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Penularan Covid-19 sehingga pemerintah desa dan masyarakat di sana harus melakukan penyesuaian adaptasi kebiasaan baru atau new normal seperti pemerintah desa menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak, dan harus memakai masker baik itu para staf kantor desa maupun masyarakat yang datang dan ingin mengurus keperluan administasi di kantor desa, dan pemerintah desa juga membatasi jam pelayanan yaitu dari jam 08.00 pagi sampai 02.00 siang mengikuti intruksi Bupati Bantul, Kendala dan masalah yang muncul setelah penerapannya masa new normal covid-19 selain harus mengikuti protokol kesehatan dan terhadang berbenturan dengan kehidupan sosial masyarakat.

Item Type: Experiment
Additional Information: 17520259
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:05
Last Modified: 02 Nov 2021 04:05
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item