AFRIANSYAH, AFRIANSYAH (2021) PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TARAKAN. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD "APMD".
|
Text
AFRIANSYAH 16520036.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
INTISARI Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan bahwa tujuan didirikannya Negara Republik Indonesia, antara lain adalah untuk mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Amanat tersebut mengandung makna Negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga Negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif. Pada masa Orde Baru, banyak pihak menilai bahwa pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah tidak berjalan dengan efektif dan efisien. Sejumlah persoalan publik yang dinilai dapat mendatangkan dukungan politis untuk memperkuat kedudukan pemerintahan akan mendapat perhatian serius, walaupun tidak relevan dengan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, tidak heran banyak program pelayanan publik yang tidak berhasil memberikan kontribusi pada usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota tarakan? Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena- fenomena sosial dari sudut pandang partisipan. Subyek terdiri dari Kepala Dinas, Staff, dan pengguna layanan. Informan dalam penelitian berjumlah 15 orang ditentukan dengan Teknik Purposive. Pengumpulan data dengan Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Unit analisis data dengan kualitatif menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)Pelayanan yang diberikan oleh dukcapil sudah melakukan trasparans dan petugasnya sudah bertanggung jawab, kemampuan ASN dalam memberikan pelayanan sudah efisien dan efektif, mendorong masyarakat untuk partisipatif dalam jalannya pelayanan, tidak deskriminatif dalam memberikan pelayanan, dan juga dalam memberikan pelayanan sudah cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. 2)pelayanan dalam sarana dan prasarana sudah sangat memadai terutama gedung, parkiran dan alat-alat penunjang, kemampuan asn dalam menjalankan pelayanan sudah cukup mempuni terutama di masa pandemi covid 19, responsivitas sudah sangat bagus sekali terutama bila masyarakat bingung dalam proses pelayanan, pengetahuan dalam kesopanan sudah cukup baik dan juga empaty yang diberikan secara pribadi kepada sudah menunjukan pelayanan sangat baik. Kata kunci: DISDUKCAPIL, Pelayanan Publik
Item Type: | Skripsi dan Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Mr Rendi Yogi |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 06:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 06:15 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1732 |
Actions (login required)
View Item |