Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA, MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT.

Marolop Tua Panjaitan, Bernat (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA, MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD "APMD".

[img]
Preview
Text
BERNAT MAROLOP TUA PANJAITAN_15520017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

INTISARI Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi pengembangan usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Permasalahan Umkm yang terjadi adalah keterbatasan modal kerja dan investasi, kesulitan dalam pemasaran, distribusi, pengadaan bahan baku, keterbatasan informasi mengenai peluang pasar, kualitas SDM rendah, biaya transportasi dan energy yang tinggi, keterbatsan komunikasi, serta biaya tinggi akibat prosedur administrasi dan biokrasi khususnya pengurusan surat izin usaha dan ketidak pastian akibat peraturan dan kebijakan ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif yang dilakukan secara induktif dan interpretatif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat di amati. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa Penciptaan Iklim Usaha Bagi UMKM oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman yaitu berupa pemberian suatu program pemberdayaan dengan pelatihan skill/keterampilan dan pengadaan tehnologi/alat produksi. Namun pelaku UKM masih banyak yang mengungkapkan bahwa pemerintah dalam memberikan bantuan kurang merata atau yang sering mendapat bantuan pelatihan dan peralatan hanya pelaku UKM yang sama.sedaangkan untuk Pengembangan UMKM di Kabupaten Sleman yaitu melalui pembinaan dengan memberikan bantuan peralatan, pelatihan skill dan bantuan pemasaran hasil produksi UMKM. Untuk Pembuatan Sistem Pemasaran Bersama bagi UKM yang di lakukan oleh Diskop Sleman dilihat dari tiga aspek yang meliputi, system pemasaran tingkat lokal, tingkat regional dan tingkat nasional. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu Pemerintah Daerah perlu meningkatkan kegiatan pemberdayaan UMKM yang telah dilakukan.Upaya lain yang penting dilakukan yakni menindaklanjuti setiap bentuk program yang telah diprogramkan seperti pelatihan, pemberian bantuan dana dan peralatan agar tidak hanya sampai pada proses pemberian tetapi sampai pada proses evaluasi hasil. Kata Kunci : Strategi, UMKM, Masyarakat

Item Type: Skripsi dan Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr Rendi Yogi
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:16
Last Modified: 22 Apr 2022 06:16
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item View Item