INGGWI, TUHELA (2017) UPAYA CAMAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PEMBINAAN APARAT KECAMATAN (Suatu Penelitian Deskriptif - Kualitatif di Kec. Sayan, Kab. Melawi, Provinsi Kal-Bar). [Experiment]
|
Text
533-IP-IV-2017-INGGWI TURELA-12520010_B.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam melakukan penyelengaraan pemerintahan yang menekankan pada pelayanan, aparat kecamatan harus memenuhi standar yang tertuang dalam keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum, meliputi; transparasi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif , kesamaan hak serta keseimbangan hak dan kewajiban. Dalam praktek penyelengaraan pelayanan publik di kantor kecamatan Sayan, masyarakat masih merasa adanya diskriminasi dimana ketika ada sekelompok orang atau individu memiliki perlakuan istimewa dari aparatur yang memberikan pelayanan, karena mereka memiliki status sosial ekonomi yang lebih baik sering memiliki akses terhadap kualitas pelayanan yang baik pula, begitu pula sebaliknya. Berdasarkan uraian latar belakang yang ada, penelitian ini dibuat untuk mengetahui Bagaimana Upaya Camat Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Masyarakat Melalui Pembinaan Aparat Kecamatan? Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jumlah informan 9 orang dan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembinaan Aparat Kecamatan bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari Aparat Kecamatan. Akan tetapi dalam hal ini pembinaan bagi Aparat Kecamatan belum bisa terlaksana sehinga kualitas pelayanan yang ada belum berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan oleh adanya kendala yang dihadapi Camat dalam upaya mengadakan pembinaan bagi Aparat seperti keterbatasan fasilitas di kantor Kecamatan dan keterbatasan anggaran di Kecamatan. Oleh sebab itu untuk kedepannya Camat diharapkan mampu mengadakan pembinaan bagi Aparat agar tercapai standar pelayanan yang baik dan maksimal. Kualitas dan skill yang dimiliki aparat kecamatan merupakan cerminan dari kualitas pelayanan yang ada di kecamatan itu sendiri. Semakin baik kualitas dan skill aparat semakin baik juga pelayanan yang ada begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Magister > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 07:03 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/261 |
Actions (login required)
View Item |