Dewandika, Bima Amarullah (2023) PERAN HUMAS PDAM SLEMAN DALAM MENJALIN RELASI DENGAN MASYARAKAT. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD" APMD".
|
Text
19530001_Bima Amarullah Dewandika.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam menjalin relasi dengan masyarakat di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman, hambatan yang muncul dari pihak humas dalam menjalin relasi kepada masyarakat, dan upaya humas dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Subbagian Hubungan Langganan, Subbagian Umum, dan Sie Pelayanan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peran Humas menurut Rosady Ruslan yaitu dengan tiga peran utama humas communicator, relationship, dan back up managemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas di PDAM Tirta Sembada adalah sebagai komunikator atau pusat kegiatan berkomunikasi dalam memperlancar alur informasi perusahaan, sebagai pihak yang ditunjuk untuk mampu menjalin hubungan baik dengan masyarakat, menunjang kegiatan manajemen di PDAM Sleman karena humas masuk ke dalam lingkup Bagian Hubungan Langganan yang memiliki tugas-tugas yang mendukung fungsi manajemen yaitu POAC (planning, organizing, actuating, dan controlling). Hambatan yang dialami oleh kegiatan kehumasan. Upaya yang dilakukan pihak PDAM Tirta Sembada Sleman untuk mengatasi hambatan tersebut.
Item Type: | Skripsi dan Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 19530001 |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Depositing User: | Mr okie fajaruddin |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 02:56 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 02:56 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/3110 |
Actions (login required)
View Item |