Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI CALON LURAH DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN LURAH TAHUN 2019

BILSON, VIKTORANUS (2023) STRATEGI CALON LURAH DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN LURAH TAHUN 2019. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD "APMD".

[img]
Preview
Text
VIKTORANUS BILSON_fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

INTISARI Strategi tidak saja dipakai dalam militer. Dalam politik stategi juga dipakai terutama untuk mencapai kemengan. Setelah UU Desa diberlakukan pada tahun 2014 suasana di didesa semakin kompleks tertuata ketika pemilihan kepala desa berlangsung. Tentu yang digaungkan adalah sistem pemilihan yang bersih dan bebas dari praktik politik transaksional. Namun pada praktiknya praktik money politk masih berlaku dan propaganda visi dan misi halanya kepuraa-puraan para calon dan tim sukses dimasing-masing pihak. Oleh karena itu, hal inin bisa memerikan dampak buruk kepada demokrasi yang diyakini akan lebih demokratis di era reformasi. Penelitian ini memfokuskan pada empat point penting untuk menganalisis kemenganan calon lurah terpilih yakni segmentasi politik, targeting politik, positioning politik dan stategi komunikasi politik; sedangkan secara garis besar judul penelitian ini adalah Strategi Calon Lurah Dalam Pemenangan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 Di Kalurahan Srimulyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan suatu proses analisis yang terdiri dari empat alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh calon lurah terpilih adalah pertama segmentasi; digunakan sebagai strategi untuk mengenal lebih jauh kelompok pemilih masyarakat dan mencari peluang menganalisi perilaku pemilih yang sangat heterogen. Ini menyasar pada klasifikasi yang dilakuakn secara geografi dan demografi pemilih. Cara ini kemudian ditemukan dua strategi yakni propaganda figur calon dan money politik. Kedua, targetting; Target utama untuk menang dalam pemilihan adalah keluarga. Selain itu target pemilih juga menyasar pada klasifikasi pemetaan wilayah dukuh yang mendukung calon lurah terpilih yang mana terdapat empat dukuh yang menjadi target pelanggan dengan melihat orang-orang yang mempunyai pengaruh yang ada di setiap dukuh. Ketiga positioning; digunakan dengan cara yakni dilakukan dengan mempromosikan program kerja atau visi dan misi sedangkan dilain sisi mereka juga melakuakn propaganda dengan menjelek-jelekan rival politik yang adalah seorang anggota dewan. Keempat Strategi Komunikasi; Dalam meningkatkan suara calon lurah terpilih melakukan kontak komunikasi secara formal dan terjadwal dengan turun langsung ke masyrarakat. Selain itu para tim sukses dan kader-kader yang ada juga melakukan gerakan propaganda politik secara langsung kepada masyarakat. Kata Kunci: Strategi, Pemenangan, Pemilihan Lurah

Item Type: Skripsi dan Thesis (Sarjana)
Additional Information: NIM18520194
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr Rendi Yogi
Date Deposited: 17 Apr 2024 07:03
Last Modified: 17 Apr 2024 07:03
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item