Linggar Sapta, Pamungkas (2018) Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Desa Sumberjaya). [Experiment]
|
Text
640-IP-IV-2018-14520003-LINGGAR SAPTA PAMUNGKAS.pdf Download (703kB) | Preview |
Abstract
Bagi masyarakat yang pernah berurusan dengan birokrasi kebanyakan mengeluhkan ketidakpuasan dalam menerima Pelayanan Admistrasi Kependudukan, padahal hampir semua urusan dalam kehidupan mulai dari kelahiran sampai kematian membutuhkan Pelayanan Admintrasi Kependudukan yang disediakan oleh aparatur pemerintah baik yang ada di Pusat maupun di Desa. Pelayanan yang diterima pada umumnya terbelit-belit dengan alasan sesuai prosedur, adanya biaya pungutan, dan waktu yang lama sehingga cenderung tidak efektif dan efisien. Kejadian ini menjadikan masyarakat sebagai penerima Pelayanan Administrasi Kependudukan menjadi tidak terpuaskan karena kepuasan masyarakat tidak terprioritaskan akibatnya masyarakat sering kali enggan untuk mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan birokrasi pemerintah, sehingga yang menjadi pilihan masyarakat adalah mencari jalan pintas dengan cara melanggar peraturan yang dapat memicu munculnya praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) dalam birokrasi pemerintahan. oleh karena itu peneliti mengambil judul tentang “ Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan”. Lokasi penelitian di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Dari judul yang diambil maka yang menjadi rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi?.” Yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penentuan informan menggunakan teknik purposive yaitu salah satu teknik pengambilan sampel yang sering digunakan dalam penelitian. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Aparat Pemerintah Desa enam orang yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD, Kaur Pemerintahan, Kaur Pembangunan, Kaur Ekonomi, masyarakat desa enam orang. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dalam arti tidak menggunakan besaran angka tetapi berupa kata-kata tertulis. Setelah melakukan penelitian terhadap Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan, peneliti berkesimpulan bahwa kinerja aparat desa dalam pelayanan administrasi kependudukan sudah berjalan sesuai dengan prosedur. Pertama, Pelayanan yang diberikan aparat desa sudah sesuai standar operasional, cepat tanggap dalam memberikan pelayan ke masyarakat desa sehingga masyarakat tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama. Kedua, Pemerintah Desa Sumberjaya menerima aspirasi dari masyarakat sehingga pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. ketiga, kinerja aparat desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya sudah sesuai dengan standar operasional yang ada. Keempat, kinerja aparat desa dilihat dari aspek kualitas layanan, sampai saat ini sudah memuaskan karena waktu yang digunakan dalam proses pelayanan administrasi kependudukan cukup cepat sudah sesuai dengan standar maksimal pembuatannya. Kelima, kinerja aparat sudah dapat dilaksanakan secara optimal dengan laporan pertanggungjawaban secara lisan atau tertulis.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2018 02:02 |
Last Modified: | 30 May 2018 02:02 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/396 |
Actions (login required)
View Item |