Search for collections on STPMD APMD Repository

PELAYANAN PUBLIK DI DESA (Studi di Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah)

OSWALDUS KLAU, OSWALDUS (2018) PELAYANAN PUBLIK DI DESA (Studi di Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah). [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI_OSWALDUS KLAU_NIM.12520105 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul Pelayanan Publik di Desa dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Desa Butuh Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Sebagaimana tugas penyelenggara pelayanan dalam Undang-undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana setiap penyelenggara pelayanan harus mempunyai standar pelayanan dan bagaimana praktik penyelenggaraan pelayanan publik di Desa, karena Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga adalah hak sipil setiap warga negara Indonesia. Dari beberapa kasus yang peneliti temukan di lapangan bahwa mereka seringkali menunggu dalam waktu lama karena petugas yang bekerja belum juga datang, masalah lainnya adalah belum semua masyarakat mengetahui akan kejelasan prosedur dan persyaratan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Sehingga muncul rumusan masalah: Bagaimana standar pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat saat mengurus Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Desa Butuh. Dan bagaimana penyelenggaraan pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Desa Butuh. Dengan memiliki tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan standar pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan publik di Desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini di Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini yakni Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Kepala Dukuh, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat yang berjumlah 12 informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive yaitu dengan cara menentukan informan yang sesuai dengan kriteria yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, pengamatan, dan dokumentasi dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, identifikasi data, interpretasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa persyaratan dalam mengurus Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Desa Butuh belum memenuhi standar pelayanan. Prosedur/mekanisme dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga dapat dikatakan telah memenuhi standar pelayanan yang ada yakni dengan melengkapi semua berkas/dokumen sehingga tatacara pembuatannya dapat diketahui masyarakat. Jangka waktu penyelesaian dalam dokumen kependudukan masih belum maksimal salah satunya yaitu berkas dokumen yang kurang lengkap. Selanjutnya biaya/tarif yang tidak dibebankan kepada masyarakat alias gratis. Sarana dan Prasarana belum memadai hal tersebut yang sering membuat proses pembuatan sampai penerbitan menjadi lama dan lambat. Sedangkan dalam menangani pengaduan saran dan masukan dari masyarakat Pemerintah Desa menyediakan sarana pengaduan melalui telpon dan sms ataupun langsung menghubungi petugas yang berwenang. Hasil penelitian lain menyangkut penyelenggaraan pelayanan publik sudah ada kerjasama dengan Kecamatan dan juga DISDUKCAPIL setempat. Selain itu sudah ada anggaran dalam pembiayaan penyelenggaraan pelayanan menyangkut dokumen kependudukan. Selanjutnya Pemerintah Desa telah menempatkan pelaksana yang kompeten artinya yang sesuai dengan tugas dan bidangnya. Lalu, bentuk pertanggungjawaban terhadap pelayanan yang telah diselenggarakan di informasikan kepada masyarakat secara tertulis maupun lewat media informasi yang mudah diakses dan selama ini pihak Pemerintah Desa membantu masyarakat dalam memahami hak dan tanggungjawabnya hal ini biasanya disampaikan saat pertemuan di tingkat Dusun. Saran: perlu adanya kerjasama, sosialisasi dan koordinasi secara terus menerus antara Pemerintah dan masyarakat, selain itu perlu ditambah lagi sarana dan prasarana yang cukup dalam pelayanan dokumen kependudukan sehingga dapat menunjang program pemerintah

Item Type: Experiment
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 04 Feb 2019 04:33
Last Modified: 04 Feb 2019 04:33
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item