ANDRIAN YEIMO, ANDRIAN (2018) KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Peneletian Kualitatif Deskriptif di Dessa Panggunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul-DIY. [Experiment]
Text
ANDRIAN YEIMO.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada saat ini, kinerja pemerintah desa menjadi kasus yang menarik untuk diteliti lebih lanjut karena hal ini berkaitan dengan layanan pemerintah dalam lingkup terbawah di Indonesia. Penelitian ini akan membahas tentang kinerja Pemerintah Desa Panggungharjo dalam meningkatkan pelayanan publik telah menunjukkan kinerja pemerintahan desa yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di Indonesia. Kemudian pelayanan publik oleh Pemerintah Desa Panggungharjo telah menunjukkan sistem dan metode yang moderen, dimana obyek layanan yaitu masyarakat di desa ini sebagian besar dapat meraih layanan dasar, diantaranya pengurusan KTP, Kartu Keluarga, surat nikah dan beberapa pelayanan lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Obyek peneltian ini adalah “kinerja pemerintah desa dalam menignkatkan pelayanan publik”dengan subyek peneltitian 12 orang yang terdiri dari kepala desa, perangkat desa kepala dusun, BPD dan masyarakat. Teknik pengumpulan data. Observasi, Wawancara dan Dokumentasi . Analisis data , pengumpulan data, Observasi dan kesimpulan. Melalui penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan publik Pemerintah Desa Panggungharjo dalam aspek produktifitas menunjukkan pencapaian yang baik, meskipun masih diperlukan pembenahan di berbagai bidang karena masalah ini bukan semata-mata berhubungan dengan lingkup pemerintahan desa, namun juga kewenangan pemerintah yang lebih tinggi, diantaranya ketersediaan blanko dan lain-lainnya. Dalam aspek akuntabilitas telah menunjukkan pencapaian yang positif. Hal ini tidak semata-mata berkaitan dengan berbagai layanan yang diterapkan kepada warga tanpa membeda-bedakan, namun juga pengawasan dari kalangan dan kepuasan masyarakat itu sendiri sebagai tolok ukurnya. Berbagai masukan dari pemerintah dan adanya hubungan atas kedekatan budaya dan sosial kemudian menumbukan tanggung jawab sosial selain tanggung jawab secara administratif.. Sedangkan pelayanan publik Pemerintah Desa Panggungharjo dalam aspek responsibilitas menunjukkan pencapaian yang cukup baik. Program-program yang yang dimandatkan pemerintah dapat berjalan dengan tepat sasaran yang ditandai dengan sikap masyarakat yang cukup puas dengan layanan pemerintah Desa Panggungharjo. Bebebapa pihak, baik dari kalangan masyarakat ataupun pemerintah yang menyatakan bahwa layanan publik ini dapat diterima dengan pendekatan kearifan lokal dan lain-lainnya.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Mr okie fajaruddin |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 04:20 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 04:20 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
View Item |