DANISA INDRAYADI, DANISA (2019) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PETUGAS SISTEM ADMINITRASI MANUNGGAL SATU ATAP(SAMSAT) DENGAN WSAJIB PAJAK PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN BANTUL,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment]
Text
SKRIPSI Danisa.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara petugas Samsat Bantul dengan masyarakat Yogyakarta yang melaksanakan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang memaparkan gambaran penjelasan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa komunikasi interpersonal yang terjadi antara petugas Samsat Bantul dengan masyarakat selaku wajib pajak sudah baik atau sudah efektif. Komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi dua arah dengan menggunakan bahasa verbal dan non verbal sebagai pendukung. Bahasa non verbal yang ditunjukkan oleh petugas Samsat Bantul dalam melayani wajib pajak adalah dengan senyuman, menunduk dan membungkukkan badan. Makna senyuman menunjukkan sikap ramah tamah, menunjuk merupakan wujud pemberitahuan sedangkan membungkukkan badan adalah sikap menghormati masyarakat selaku pelanggan. Bahasa non verbal yang ditunjukkan petugas Samsat Bantul adalah untuk menekankan dan memperjelas informasi. Konsep komunikasi yang kini menjadi budaya kerja petugas Samsat Bantul adalah konsep 3S yaitu Senyum, Sapa, Sala
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr okie fajaruddin |
Date Deposited: | 22 May 2019 02:53 |
Last Modified: | 22 May 2019 02:53 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/636 |
Actions (login required)
View Item |