MUH. SHOLEH ABDUL HAMID, SHOLEH (2019) PENDAMPINGAN PADA KELOMPOK BERMAIN "RATNA PUTRA" DESA BATURETNO KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment]
Text
LTA MUH.SHOLEH ABDUL HAMID.pdf Download (459kB) |
Abstract
Latar Belakang Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan seseorang baik dalam keluarga ataupun masyarakat. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. Menurut Hasna (2009:15) pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara” (pasal 1, butir 1). Zaman sekarang ini, pendidikan sudah dilaksanakan sejak anak masih dalam kandungan ibu. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan sedini mungkin sangat diperlukan dengan harapan akan memperoleh generasi penerus yang berkualitas dan memiliki berbagai kecerdasan. Kesadaran akan pentingnya pendidikan sedini munkin, seiring berkembangnya berbagai keilmuwan melalui penemuanpenemuan atau penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, melahirkan berbagai program pendidikan anak sebagai upaya pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani maupun rohani. Pendidikan ini tidak hanya dilakukan di rumah sebagai lembaga pendidikan pertama bagi seorang anak, lembaga pendidikan di luar rumah pun seperti Taman Pentipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), dan Taman Kanak- Kanak (TK) serta Raudhatul Athfal (RA) yang merupakan bentuk pendidikan pada program pendidikan anak usia dini (PAUD), menjadi pilihan pada orang tua dalam upaya mendidik anak-anaknya sebelum memasuki sekolah dasar
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Program Pendidikan Vokasi > Diploma Pembangunan Masyarakat |
Depositing User: | Users 52 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2019 02:38 |
Last Modified: | 24 May 2019 02:38 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/749 |
Actions (login required)
View Item |