Search for collections on STPMD APMD Repository

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS SKCK DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN MELALUI SISTEM ONLINE

TRI, YANAWATI (2019) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS SKCK DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN MELALUI SISTEM ONLINE. [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 13 Nomor 2 tahun 2002 salah satu tugas pokok Kepolisian yaitu memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya yaitu memberikan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan disaat akan melanjutkan sekolah, melamar pekerjaan dan lain-lain. Proses mendapatkan SKCK harus mengikuti prosedur atau mekanisme yang sudah ada dan diatur dalam peraturan Kapolri Nomor : 14 Tahun 2014 untuk mewujudkan pelayanan prima, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di PolrestaYogyakarta memberikan layanan SKCK secara online yang berbasis teknologi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus SKCK serta dapat memangkas sedikit birokrasi di Indonesia khususnya di Lembaga Kepolisian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai bagaimana pelayanan SKCK di Polresta Yogyakarta dalam pelayanan SKCK online. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu petugas kepolisian yang menangani layanan SKCK khususnya online serta masyarakat pengguna jasa layanan SKCK online. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas dalam berkomunikasi memberikan layanan SKCK sudah berjalan dengan baik serta dapat dengan baik di terima masyarakat secara luas. Terutama pemohon yang telah menggunakan layanan SKCK online juga sudah dapat merasakan. Hal tersebut dapat dilihat dari dimensi atribut relative advantages yakni memiliki keunggulan untuk memudahkan masyarakat dalam mempercepat proses pelayanan dan mempersingkat birokrasi pelayanan administrasi SKCK. Artibut Compatibility menjelaskan bahwa adanya inovasi layanan SKCK online telah menyesuaiakan dengan keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang efektif dan efisien. Pada atribut Complexity adanya layanan SKCK online masyarakat tidak lagi dirumitkan dengan persyaratan serta waktu pembuatan SKCK. Namun sarana seperti tempat duduk untuk pemohon yang masih kurang serta masyarakat yang masih kurang mengetahui persyaratan yang dibawa saat mengurus SKCK. Pada atribut Observability bahwa selama layanan SKCK online berjalan, telah sesuai dengan harapan Polresta Yogyakarta yaitu memudahkan masyarakat dalam pembuatan SKCK. Saran yaitu agar dapat memperhatikan jumlah petugas pelayanan sehingga dapat dengan lebih cepat memberikan pelayanan kepada pemohon yang semakin banyak serta meningkatkan kemampuan internet agar masyarakat dapat menikmati Wi-fi dalam menunggu selesainya SKCK. Kata Kunci : Peran, Komunikasi Interpersonal, Pelayanan

Item Type: Experiment
Additional Information: 18530042
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr okie fajaruddin
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:48
Last Modified: 28 Jan 2020 06:48
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item