Search for collections on STPMD APMD Repository

STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kepo Corner)

SANDI, WIBOWO (2017) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kepo Corner). [Experiment]

[img]
Preview
Text
367-IK-IV-2017-SANDI WIBOWO-13530008 B.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjadi perhatian oleh Pemerintah sejak tahun 1994, dengan dikerluarkannya program wirausaha di Indonesia. Gerakan ini diperkuat dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 tahun 1995 tentang Permasyarakatan Program Kewirausahaan. Disusul ditetapkannya Undang-Undang UMKM pada tahun 2008. Sebagai bagian dari komunitas masyarakat, UMKM memiliki peran dan fungsi yang strategis di dalam membangun perekonomian di Indonesia. Dalam perkembangan usahanya Kepo Corner bercita-cita untuk melakukan pengebangan usaha berbasis kemitraan. Kemitraan yang dilakukan dengan memberikan pembinaan dan pemberdayaan bagi siapapun yang membutuhkan untuk menjadi wirausahawan dibawah payung usaha Kepo Corner. Dengan demikian Kepo Corner turut serta menjadi social enterpreneur yang membantu mengurangi masalah pengangguran dengan menyerap tenaga kerja yang mandiri dan meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sampling purposif dimana dalam memilih sampel peneliti mengutamakan informan dan key informan yang memahami benar strategi pemasaran usaha yang digunakan oleh Kepo Corner sehingga sampling bukan mewakili populasi namun telah ditentukan oleh peneliti yang dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Strategi pemasaran direct selling yang digunakan Kepo Corner juga menjadi kunci utama keberhasilan usaha Kepo Corner selama ini. Melalui komunikasi yang bersifat interpersonal mampu memberikan kedekatan secara fisik dan emosional kepada konsumennya sehingga meningkatkan hubungan dan juga penjualan produk minuman Kepo Corner.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TX Home economics
Divisions: Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:50
Last Modified: 05 Mar 2018 06:50
URI: http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item