Indah, Kartika (2016) STRATEGI PROMOSI MONEY CHANGER OLEH PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT BERLIAN BUMI ARTA YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT NASABAH. [Experiment]
|
Text
339-IK-IV-2016-INDAH KARTIKA-13530041_B.pdf Download (900kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis strategi promosi money changer oleh PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta dalam menarik minat nasabah; 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam strategi promosi money changer oleh PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah 1) Kepala Kantor Pelayanan Kas PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta; 2) Sales Marketing money changer PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta; 3) Masyarakat yang melakukan jual beli money changer di PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta dalam menarik minat nasabah adalah melakukan kegiatan periklanan di media cetak secara rutin, melaksanakan kegiatan personal selling yang dilakukan oleh sales marketing, pemasaran langsung melalui media internet yang dilakukan oleh sales marketing melalui media sosial. Pihak PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta belum menyediakan website resmi perusahaan, pemasangan spanduk dan baliho tentang layanan jasa money changer; 2) Faktor pendukung strategi promosi yang dilakukan oleh PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta dalam menarik minat nasabah adalah BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta merupakan satu-satunya BPR yang menyediakan jasa layanan money changer dengan adanya Surat Persetujuan Bank Indonesia Nomor 10/469/DKBU/IDd/Yk tanggal 22 Agustus 2008, SDM yang berkualitas dan handal di bidangnya dalam memberikan pelayanan money changer. Faktor penghambat strategi promosi yang dilakukan oleh PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta dalam menarik minat nasabah adalah keterbatasan jumlah SDM di bagian pemasaran money changer, BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta belum membuat website resmi sebagai sarana promosi melalui internet, PT. BPR Berlian Bumi Arta Yogyakarta terkadang kesulitan menyediakan pecahan mata uang asing dengan nilai nominal yang kecil dan rate yang bersaing sehingga nasabah berpeluang untuk mendapatkannya dengan berpindah ke money changer lainnya. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Money Changer, Minat Nasabah
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Program Pendidikan Sarjana > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 06:53 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 06:53 |
URI: | http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/145 |
Actions (login required)
View Item |